Senin, 18 Maret 2013

Industri fasion tumbuh pesat



Tulisan perekonomian Indonesia  3
Industry “Fasion” Tumbuh Pesat
        I.            Pendahuluan
Fasion di Indonesia sudah mengalami kemajuan yang sangat signifikan bahkan sudah terkenal di dunia apalagi model yang di berikan oleh perancang yang ada di Indonesia ini tidak kalah bagus dengan perancang yang ada diluar negri(bisa bersaing) . Industry fasion di Indonesia mencatatkan pertumbuhan fantastis selama beberapa tahun terakhir . kontribusi fasion di indonesia bagi PDB mencapai 7 persen . Untuk tahun 2013 memperrkirakan akan bertambah menjadi 3,9 juta orang . Ini amatlah baik karena akan berdampak baik bagi pertumbuhan ekonomi yang ada di indonesia .
      II.            ISI
Tahun ini pertumbuhan industry tersebut diproyeksi mencapai 6 persen. Industry fasion juga tercatat sebagai contributor terbesar kedua bagi perkembangan industry kreatif tanah air.
                Menteri pariwisata dan ekonomi kreatif Mari Eka Pangestu, dalam acara Indonesia Fasion Week (IFW) 2013, di Jakarta mengatakan tahun 2010 kontribusi industry fasion bagi produk domestic bruto (PDB) mencapai Rp 128 triliun . tahun 2011 umlahnya naik mencapai Rp 164 triliun.dan tahun ini diperkirakan mencapai Rp 174 triliun.
                Tahun ini kontribusi industri fasion bagi PDB bias mencapai 7 persen. Dari sector tenaga kerja, industry fasion tahunn 2012 mencapai 3,8 juta orang. Untuk tahun 2013 diperkirakan akan bertambah menjadi 3,9 juta orang.
                Tahun 2013 IFW melibatkan 208 desainer local dan internasional serta mengkurasikan 503 merek local yang mewakili kekayaan kreatif Indonesia. Sama seperti tahun lalu, IFW menyusung sarung sebagai tren fasion. oleh karena sifatny yang fleksibel dan praktis, sarung dapat meraih popularitas lebih besar tidak hanya dikalangan Indonesia tetapi juga di dunia.
                Penyelenggaraan IFW di JCC . setiap hari akan diangkat tema yang berbeda, yaitu 1. Evening Wear , 2. Muslim Wear, 3. Mens’s Wear dan yang ke 4. Casual Cutting Wear. Semua desainer mulai dari pendatang baru hingga senior serta asosiasi hingga independen akan melebur jadi sat dalam ajang ini.
Menurut Direktur Jendral Pengembangan Ekspor Nasional Kementrian Perdagangan IFW merupakan informasi bagi pelaku bisnis fasion untuk memperoleh pengetahuan terhadap pengembangan desain,branding, dan tren mode. “IFW juga menjadi ajang pertemuan bagi pengembangan kreatif komunitas  Indonesia .
                Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, selama tahun 2007-2011 ekspor fasion Indonesia mengalami tren positif sebesar 12,4 persen , dengan Negara tujuan ekspor utama Amerika Serikat, Singapura, Jerman, Hongkong, dan Australia. Selama periode Januari-November 2012 , data ekspor fasion mencapai 12,79 miliar dollar AS, meningkat 0,5 persen dibandingkan dengan nilai ekspor periode sebelumnya.
                Melihat potensinya yang begitu besar terhadap perekonomian Indonesia , fasion Indonesia dengan kekuatan lokalnya dapat terus dikembangkan sehingga menjadi pusat mode dikawasan regional.
    III.            Penutup
Tahun 2010 kontribusi industry fasion bagi produk domestic bruto (PDB) mencapai Rp 128 triliun . tahun 2011 umlahnya naik mencapai Rp 164 triliun.dan tahun ini diperkirakan mencapai Rp 174 triliun. IFW merupakan informasi bagi pelaku bisnis fasion untuk memperoleh pengetahuan terhadap pengembangan desain,branding, dan tren mode. “IFW juga menjadi ajang pertemuan bagi pengembangan kreatif komunitas  Indonesia . 
    IV.            Daftar Pustaka :
Koran sindo 14-02-2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar